MULAI DARI DIRI MODUL 1.1.a.3 

Oleh :

ARBA’IYA,S.Pd

Calon Guru Penggerak Angkatan 7
SMA Negeri 2 Kejuruan Muda
Kabupaten Aceh Tamiang

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
SALAM  BAHAGIA bagi calon guru penggerak

1. Yang saya ketahui tentang pemikiran Ki Hajar Dewantara (KHD) mengenai pendidikan dan pengajaran adalah Di dalam kehidupan manusia tidak ada keabadian yang terjadi dalam  lingkungannya. Pengaruh alam dan zaman adalah kodrat yang tidak bisa dihindari oleh manusia. Anak-anak adalah sebuah kehidupan yang akan tumbuh menurut kodratnya sendiri dan tumbuh sesuai dengan zamannya,  yaitu kekuatan hidup lahir dan hidup batin mereka (Dewantara I,2004). Maka, Ki Hadjar menekankan arti penting memperhatikan kodrat alam dalam diri anak semasa pendidikan. Artinya pendidikan itu sesuai dengan banyaknya usia manusia yang sedang menuntut ilmu. Mendidik anak itu sama dengan mendidik masyarakat karena anak itu bagian dari masyarakat. Mendidik anak berarti mempersiapkan masa depan anak untuk menjalankan kehidupannya agar  lebih baik di masa yang akan datang demikian pula dengan mendidik masyarakat berarti mendidik bangsa ( Dewantara I, 2004) 

2. Relevansi pemikiran KHD dengan konteks pendidikan Indonesia saat ini dan konteks pendidikan di sekolah Anda secara khusus yakni: Relevansi Konteks pendidikan Ki Hajar Dewantara dengan Pendidikan di Indonesia berjalan lambat sebab saat ini masih belum terlihat sempurna dan masih perlu banyak dorongan dari berbagai pihak lapisan masyarakat baik dalam bentuk motivasi, gerakan dan terobosan baru di dunia pendidikan.  Terutama dengan pendidikan saat ini masih banyak daerah bagian Indonesia belum mengenyam pendidikan yang sempurna, apalagi Indonesia malah sampai dunia . Dunia pendidikan tergoncang disaat Indonesia dilanda pandemi Covid-19 yang mendunia, cara belajar, metode pembelajaran, strategi pembelajaran yang kami lakukan dan terapkan di sekolah sudah berbagai cara dan macam, akan tetapi hasil yang kami dapatkan jauh dari kata sempurna karena kembali lagi terbenturna sarana, prasarana, media yang dimiliki anak didik kami. sehingga semua itu terbentur dan sampai dengan saat ini kami masih berusaha untuk tetap mencari cara dan jalan agar pembelajaran tetap berlangsung dan selalu mengedeopankan pembelajaran melalui hati dan pendekatan dari hati ke hati bersama anak didik kami dan orangtua/wali siswa di sekolah kami.

3. Saya merasa belum melaksanakan pemikiran KHD dan memiliki kemerdekaan dalam menjalankan aktivitas sebagai guru dan masih banyak hal yang harus saya pelajari dan menggali lagi ilmu dari berbagai literatur, saya sebagai guru belum mampu mencapai kata sempurna mendidik murid, saya di sekolah berusaha semaksimal mungkin untuk terus berusaha mendidik dan mencerdaskan murid di sekolah, banyak hal yang harus saya pelajari salahsatu nya dengan cara bergabung menjadi Calon Guru Penggerak dan menjadikan saya guru yang terus mau belajar, belajar dan belajar lagi, dan selalu berkolaborasi dengan rekan sejawad karena nantinya saya juga harus mendidik dan meneruskan ilmu pengetahuan yang saya punya kepada murid  dan rekan sejawat di sekolah .

Harapan yang ingin saya lihat pada diri saya sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini adalah: Besar sekali harapan saya  setelah mempelajari Modul ini, saya dapat menerapkan seluruh konsep, filosopi dan peta fikiran pembelajaran Ki Hajar dewantara terutama di kelas saya nantinya, dan berharap akan mendapatkan hasil yang maksimal, bukan hanya dari hasil nilai kognitive akan tetapi juga dari segi keterampilan murid saya dan tentunya perubahan karakter dan budi pekerti murid-murid.

 Ekspektasi saya sebagai guru di dalam kelas sangat tinggi, pencapapian yang ingin saya dapatkan dari seluruh murid-murid semoga setelah saya mendalami, memahami konsep pembelajaran Ki Hajar Dewantara ini dapat menjadikan saya sebagai seorang guru yang akan terus menggali ilmu pengetahuan dan yang tak pernah pantang menyerah untuk selalu belajar dan belajar lagi demi kemajuan keberhasilan dan ketuntasan belajar murid-murid saya nantinya,

Kegiatan, materi, manfaat yang saya harapkan ada dalam modul ini adalah :

Saya bisa berbagi ilmu dengan murid-murid dan rekan sejawat bahkan sampai kepada para stakeholders. Begitu banyak manfaat yang dapat saya ambil dari modul ini sehingga terbuka fikiran saya untuk selalu berpihak kepada murid, dan saya berusaha menuntun murid-murid untuk tetap berhasil meraih cita-cita di masa yang akan datang.

 

  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Artikel Aksi Nyata Modul 1.4 ( Budaya Positif ) : Pengimpasan Budaya Positif Pada Rekan-rekan MGMP Geografi Kabupaten Aceh Tamiang di SMA Negeri 2 kejuruan Muda