MULAI DARI DIRI MODUL 1.1.a.3
Oleh :
ARBA’IYA,S.Pd
Calon Guru Penggerak Angkatan 7
SMA Negeri 2 Kejuruan Muda
Kabupaten Aceh Tamiang
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
SALAM
BAHAGIA bagi calon guru penggerak
1. Yang saya ketahui tentang pemikiran Ki Hajar Dewantara (KHD)
mengenai pendidikan dan pengajaran adalah Di dalam kehidupan manusia tidak ada
keabadian yang terjadi dalam lingkungannya. Pengaruh alam dan zaman
adalah kodrat yang tidak bisa dihindari oleh manusia. Anak-anak adalah sebuah
kehidupan yang akan tumbuh menurut kodratnya sendiri dan tumbuh sesuai dengan
zamannya, yaitu kekuatan hidup lahir dan hidup batin mereka (Dewantara
I,2004). Maka, Ki Hadjar menekankan arti penting memperhatikan kodrat alam dalam
diri anak semasa pendidikan. Artinya pendidikan itu sesuai dengan banyaknya
usia manusia yang sedang menuntut ilmu. Mendidik anak itu sama dengan mendidik
masyarakat karena anak itu bagian dari masyarakat. Mendidik anak berarti
mempersiapkan masa depan anak untuk menjalankan kehidupannya agar lebih
baik di masa yang akan datang demikian pula dengan mendidik masyarakat berarti
mendidik bangsa ( Dewantara I, 2004)
2. Relevansi pemikiran KHD dengan konteks pendidikan Indonesia
saat ini dan konteks pendidikan di sekolah Anda secara khusus yakni: Relevansi
Konteks pendidikan Ki Hajar Dewantara dengan Pendidikan di Indonesia berjalan
lambat sebab saat ini masih belum terlihat sempurna dan masih perlu banyak
dorongan dari berbagai pihak lapisan masyarakat baik dalam bentuk motivasi,
gerakan dan terobosan baru di dunia pendidikan. Terutama dengan
pendidikan saat ini masih banyak daerah bagian Indonesia belum mengenyam
pendidikan yang sempurna, apalagi Indonesia malah sampai dunia . Dunia
pendidikan tergoncang disaat Indonesia dilanda pandemi Covid-19 yang mendunia,
cara belajar, metode pembelajaran, strategi pembelajaran yang kami lakukan dan
terapkan di sekolah sudah berbagai cara dan macam, akan tetapi hasil yang kami
dapatkan jauh dari kata sempurna karena kembali lagi terbenturna sarana,
prasarana, media yang dimiliki anak didik kami. sehingga semua itu terbentur
dan sampai dengan saat ini kami masih berusaha untuk tetap mencari cara dan
jalan agar pembelajaran tetap berlangsung dan selalu mengedeopankan pembelajaran
melalui hati dan pendekatan dari hati ke hati bersama anak didik kami dan
orangtua/wali siswa di sekolah kami.
3. Saya merasa belum melaksanakan pemikiran KHD dan memiliki
kemerdekaan dalam menjalankan aktivitas sebagai guru dan masih banyak hal
yang harus saya pelajari dan menggali lagi ilmu dari berbagai literatur, saya
sebagai guru belum mampu mencapai kata sempurna mendidik murid, saya di sekolah
berusaha semaksimal mungkin untuk terus berusaha mendidik dan mencerdaskan
murid di sekolah, banyak hal yang harus saya pelajari salahsatu nya dengan cara
bergabung menjadi Calon Guru Penggerak dan menjadikan saya guru yang terus mau
belajar, belajar dan belajar lagi, dan selalu berkolaborasi dengan rekan
sejawad karena nantinya saya juga harus mendidik dan meneruskan ilmu
pengetahuan yang saya punya kepada murid dan rekan sejawat di sekolah .
Harapan yang ingin saya lihat pada diri saya sebagai seorang
pendidik setelah mempelajari modul ini adalah: Besar sekali harapan saya
setelah mempelajari Modul ini, saya dapat menerapkan seluruh konsep, filosopi
dan peta fikiran pembelajaran Ki Hajar dewantara terutama di kelas saya
nantinya, dan berharap akan mendapatkan hasil yang maksimal, bukan hanya dari
hasil nilai kognitive akan tetapi juga dari segi keterampilan murid saya dan
tentunya perubahan karakter dan budi pekerti murid-murid.
Ekspektasi saya sebagai guru di dalam kelas sangat tinggi,
pencapapian yang ingin saya dapatkan dari seluruh murid-murid semoga setelah
saya mendalami, memahami konsep pembelajaran Ki Hajar Dewantara ini dapat
menjadikan saya sebagai seorang guru yang akan terus menggali ilmu pengetahuan
dan yang tak pernah pantang menyerah untuk selalu belajar dan belajar lagi demi
kemajuan keberhasilan dan ketuntasan belajar murid-murid saya nantinya,
Kegiatan, materi, manfaat yang saya harapkan ada dalam modul ini
adalah :
Saya bisa berbagi ilmu dengan murid-murid dan rekan sejawat
bahkan sampai kepada para stakeholders. Begitu banyak manfaat yang dapat saya
ambil dari modul ini sehingga terbuka fikiran saya untuk selalu berpihak kepada
murid, dan saya berusaha menuntun murid-murid untuk tetap berhasil meraih
cita-cita di masa yang akan datang.
Komentar
Posting Komentar