MODUL 1.1
FILOSOFI PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA
JURNAL REFLEKSI
DWI MINGGUAN
Oleh :
ARBA’IYA,S.Pd
Calon Guru Penggerak Angkatan 7
SMA Negeri 2 Kejuruan Muda
Kabupaten Aceh Tamiang
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
SALAM
BAHAGIA bagi calon guru penggerak
Setelah mempelajari modul 1.1 tentang filosofi
pendidikan Ki Hadjar Dewantara, begitu
banyak hal yang saya rasakan baik sebagai
individu maupun sebagai
pendidik. Dalam jurnal refleksi dua mingguan
pada modul 1.1 ini, saya
akan mengungkapkan perasaan saya menggunakan
model 4F.
Berikut link jurnal dwi mingguan saya
Facts (Peristiwa), Feelings (Perasaan),
Findings (Pembelajaran), Future (Penerapan)
FACTS (PERISTIWA)
Rangkaian kegiatan Guru
penggerak dimulai dengan pembukaan oleh kementrian Pendidikan yang secara
virtual pada tanggal 20 Oktober 2022. Dilanjutkan dengan lokakarya orientasi
yang dibuka oleh Balai Guru Penggerak provinsi Aceh pada tanggal 22 oktober
2022 yang bertempat di SMP Negeri 1 Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang. .Setelah
itu Calon Guru Penggerak mengakses LMS pada SIM PKB masing- masing. dimulai dari diri yakni
belajar secara Mandiri tentang modul
1.1 filosofi Pemikiran Ki Hajar Dewantara.
Kegiatan eksplorasi konsep yang dilakukan
secara virtual Bersama CGP lainnya yang didampingi oleh fasilitator dan Pengajar
Praktik,.Setelah itu kegiatan selanjutnya
adalah ruang kolaborasi dimana
kami
membentuk kelompok untuk berdiskusi tentang Modul 1.1 dan mempresentasikannya
serta saling menanggapi terus mengunggah hasil
diskusi pada LMS.Selain bertatap muka lewat
virtual, CGP juga saling berdiskusi di forum
LMS.kegiatan selanjutnya adalah elaborasi pemahaman yang di lakukan secara
virtual bersama instruktur,fasilitator,
pengajr praktik,dan rekan CGP yang lain.Semua rangkaian kegiatan yang dilakukan akan di implementasikan pada
Aksi nyata
FEELINGS (PERASAAN)
Setelah saya mempelajari MODUL 1.1tentang
filosofi pemikiran KHD saya mulai menerapkannya dalam berbagai kegiatan di
lingkungan sekolah saya. Misalnya mulai menerapkan pembelajaran yang berpusat
pada murid . Saya juga bisa mentransfer ilmu yang saya dapat kepada rekan
sejawat. Alhamdulillah beberapa dari rekan sejawat saya
mulai tergerak untuk melakukan inovasi dan
menjadikan murid sebagai pusat
pembelajaran.
Target saya kedepannya adalah menjadikan guru
itu seseorang yang benar
benar dapat di gugu dan di tiru sesuai dengan
trilogy KHD dan menjadikan murid saya sebagi pelajar
pancasila yang tumbuh sesuai kodrat alam dan
kodrat zamannya.
FINDINGS (PEMBELAJARAN)
Pembelajaran yang saya terima setelah mempelajari
MODUL 1.1 adalah bahwa pendidikan itu
adalah''menuntun''segala''kekuatan
kodrat''yang ada pada murid, baik itu kodrat
alam
maupun kodrat zaman agar mereka mencapai
''keselamatan dan kebahagiaan''yang
setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun
sebagai anggota masyarakat.Tugas pendidik adakah
sebagai pamong yang bisa menuntun murid
serta bisa mengimplentasikan semboyan tri logi
KHD. Saya bertekad saya
akan tetap melakukan perubahan selama
perubahan yang saya lakukan tersebut positif,
sesuai dengan jalurnya dan
memberikan manfaat bagi orang – orang yang
berada di sekitar saya.
FUTURE (PENERAPAN)
Dari semua perasaan yang saya ungkapkan di
awal serta aksi nyata yang saya
lakukan, Saya akan berusaha untuk mengurangi
hal – hal negative yang
ada pada diri saya.
Rencana saya setelah
mempelajari modul 1.1 tentang refleksi filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara antara lain :
1. Pembelajaran yang berpusat pada murid dan guru
hanya sebagai
pamong
dan penuntun
2. Mengubah metode pembelajaran di kelas sesuai
dengan kodrat alam
dan
kodrat zaman
3. Merubah cara pandang saya terhadap murid yang
semula berorientasi
pada
nilai menjadi berorientasi pada proses
4. Membuat kesepakatan kelas
5. Memanfaatkan tekhnologi sebagai sumber belajar
yang positif
6. Mengaitkan materi pelajaran dengan kearifan
budaya lokal lingkungan sekitar
Komentar
Posting Komentar