MODUL 1.1
FILOSOFI PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA
JURNAL REFLEKSI

DWI MINGGUAN

Oleh :

ARBA’IYA,S.Pd

Calon Guru Penggerak Angkatan 7
SMA Negeri 2 Kejuruan Muda
Kabupaten Aceh Tamiang

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
SALAM  BAHAGIA bagi calon guru penggerak

Setelah mempelajari modul 1.1 tentang filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara, begitu
banyak hal yang saya rasakan baik sebagai individu maupun sebagai
pendidik. Dalam jurnal refleksi dua mingguan pada modul 1.1 ini, saya
akan mengungkapkan perasaan saya menggunakan model 4F.

Berikut link jurnal dwi mingguan saya

https://youtu.be/LQ25d4wl4XQ


Facts (Peristiwa), Feelings (Perasaan),
Findings (Pembelajaran), Future (Penerapan)


FACTS (PERISTIWA)

Rangkaian kegiatan Guru penggerak dimulai dengan pembukaan oleh kementrian Pendidikan yang secara virtual pada tanggal 20 Oktober 2022. Dilanjutkan dengan lokakarya orientasi yang dibuka oleh Balai Guru Penggerak provinsi Aceh pada tanggal 22 oktober 2022 yang bertempat di SMP Negeri 1 Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang. .Setelah itu Calon Guru Penggerak mengakses LMS pada SIM PKB masing- masing. dimulai dari diri yakni belajar secara Mandiri tentang modul 1.1 filosofi Pemikiran Ki Hajar Dewantara.

Kegiatan eksplorasi konsep yang dilakukan secara virtual Bersama CGP lainnya yang didampingi oleh fasilitator dan Pengajar
Praktik,.Setelah itu kegiatan selanjutnya adalah ruang kolaborasi dimana

kami membentuk kelompok untuk berdiskusi tentang Modul 1.1 dan mempresentasikannya
serta saling menanggapi terus mengunggah hasil diskusi pada LMS.Selain bertatap muka lewat


virtual, CGP juga saling berdiskusi di forum LMS.kegiatan selanjutnya adalah elaborasi pemahaman yang di lakukan secara virtual bersama instruktur,fasilitator, pengajr praktik,dan rekan CGP yang lain.Semua rangkaian kegiatan yang dilakukan akan di implementasikan pada Aksi nyata


FEELINGS (PERASAAN)

Setelah saya mempelajari MODUL 1.1tentang filosofi pemikiran KHD saya mulai menerapkannya dalam berbagai kegiatan di lingkungan sekolah saya. Misalnya mulai menerapkan pembelajaran yang berpusat pada murid . Saya juga bisa mentransfer ilmu yang saya dapat kepada rekan sejawat. Alhamdulillah beberapa dari rekan sejawat saya
mulai tergerak untuk melakukan inovasi dan menjadikan murid sebagai pusat
pembelajaran.

Target saya kedepannya adalah menjadikan guru itu seseorang yang benar
benar dapat di gugu dan di tiru sesuai dengan trilogy KHD dan menjadikan murid saya sebagi pelajar
pancasila yang tumbuh sesuai kodrat alam dan kodrat zamannya.

FINDINGS (PEMBELAJARAN)

Pembelajaran yang saya terima setelah mempelajari MODUL 1.1 adalah bahwa pendidikan itu
adalah''menuntun''segala''kekuatan kodrat''yang ada
pada murid, baik itu kodrat alam

maupun  kodrat zaman agar mereka mencapai
''keselamatan dan kebahagiaan''yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun

sebagai anggota masyarakat.Tugas pendidik adakah sebagai pamong yang bisa menuntun murid

serta bisa mengimplentasikan semboyan tri logi KHD. Saya bertekad saya akan tetap melakukan perubahan selama
perubahan yang saya lakukan tersebut positif, sesuai dengan jalurnya dan
memberikan manfaat bagi orang – orang yang berada di sekitar saya.

FUTURE (PENERAPAN)

Dari semua perasaan yang saya ungkapkan di awal serta aksi nyata yang saya
lakukan, Saya akan berusaha untuk mengurangi hal – hal negative yang
ada pada diri saya.

Rencana saya setelah mempelajari modul 1.1 tentang refleksi filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara  antara lain :

1.      Pembelajaran yang berpusat pada murid dan guru hanya sebagai

pamong dan penuntun

2.      Mengubah metode pembelajaran di kelas sesuai dengan kodrat alam

dan kodrat zaman

3.      Merubah cara pandang saya terhadap murid yang semula berorientasi

pada nilai menjadi berorientasi pada proses

4.      Membuat kesepakatan kelas

5.      Memanfaatkan tekhnologi sebagai sumber belajar yang positif

6.      Mengaitkan materi pelajaran dengan kearifan budaya lokal lingkungan sekitar

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Artikel Aksi Nyata Modul 1.4 ( Budaya Positif ) : Pengimpasan Budaya Positif Pada Rekan-rekan MGMP Geografi Kabupaten Aceh Tamiang di SMA Negeri 2 kejuruan Muda